212, BSM BB Akan Kembali Mengawal Dari Sisi Kemanusiaan

212, BSM BB Akan Kembali Mengawal Dari Sisi Kemanusiaan

partaibulanbintang.com, Jakarta – Bulan Sabit Merah (BSM) Bulan Bintang, akan kembali mengawal aksi 212 karena keyakinan yang sama. Sebagaimana aksi damai 411 meski  tanpa koordinasi dengan penanggung jawab demo, sebagai relawan sosial Muslim mempunyai kewajiban yang sama untuk menolong sesama, baik upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Pada aksi demo 411, banyak santri dipimpin Aa Gym memfungsikan diri sebagai petugas kebersihan, ada kafilah lain yang membagikan minuman dan sebagainya. Meski dalam kelompok-kelompok mereka sudah menyiapkan tim pppk sendiri, seksi konsumsi sendiri, namun sedikit tenaga pikiran dan waktu serta ilmu dibidang kesehatan ditengah massa yang berjumlah ratusan ribu orang pasti setidaknya ada manfaatnya.

Sebagaimana organisasi relawan kesehatan lainnya di dunia dan di Indonesia, tim Bulan Sabit Merah Bulan Bintang juga terdiri tidak hanya ahli medis baik dokter spesialis, dokter umum, bidan dan perawat namun juga ada relawan pendahulu yang menyiapkan tempat dan jalur rute evakuasi jika ada kerusuhan, ada relawan konsumsi, ada relawan evakuasi dan tim medis itu sendiri.

Menurut Ketua Umum BSM Bulan Bintang, dr. Agus Ujianto,Msi.Med.SpB, “ sebagaimana dalam situasi disaster lainnya, menempatkan relawan pada posko dengan 3 titik yaitu primer, sekunder dan tersier. Relawan primer berada pada titik pusat kerumunan ataupun tempat paling beresiko terjadi bencana , dengan membawa alat pppk dan evakuasi,” ujarnya, Sabtu (25/11/2016).

Ia juga mengatakan,” Posko sekunder pada jarak lebih jauh dan menempatkan ambulan evakuasi untuk membantu ke titik tersier. Titik tersier berdekatan dengan fasilitas kesehatan terdekat sehingga jika dibutuhkan alat dan tenaga medis maka akan diperbantukan dengan sukarela, dengan seijin faskes terdekat. Hebatnya relawan sosial kesehatan di manapun, mereka mempunyai kode dan kode etik yang otomatis sehingga bisa Bergerak secara netral dan independen untuk menolong sesamanya,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, BSM BB merupakan organisasi Otonom sayap partai Bulan Bintang yang mempunyai jaringan di seluruh Indonesia, dan kedepan akan kita buat kerjasama dengan semua organisasi relawan sosial baik milik pemerintah maupun masyarakat maupun partai lain. Sehingga jaringan relawan kesehatan bisa dikembangkan untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam hal sosial kesehatan.

BSM Bulan Bintang menghimbau dokter dan tenaga kesehatan membuat posko kesehatan di masjid masjid, Aksi sebesar 411 merupakan aksi yang luar biasa, semua kaum muslimin Bergerak untuk menyuarakan keyakinan dengan teratur, namun dalam kerumunan dan kondisi lapangan kolosal seperti tersebut setidaknya tetap saja ada kejadian yang terjadi kepada para pendemo, baik dehidrasi, pingsan, sakit kepala, tungkai sakit bahkan lecet dan sebagainya.

Karena jumlahnya ratusan ribu, maka tenaga relawan kesehatan pasti juga sangat diperlukan, sayangnya hanya sedikit tenaga medis dan dokter yang tergabung baik di BSM Bulan Bintang, Mer-C maupun BSMI, untuk itu dr. Agus menghimbau,” untuk para dokter dan tenaga medis untuk bisa bergabung, atau berkelompok membuat tim kesehatan lapangan, serta para dokter dan tim medis juga bisa berkelompok berkumpul di masjid-masjid dengan membuat posko darurat, jadi peserta ibadah aksi damai mudah untuk menemukan tempat dimana para tenaga medis berada,” sarannya.(pbb.ludfi)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply