Harjono : Selamat Datang ERA WISDOM di Indonesia

Harjono : Selamat Datang ERA WISDOM di Indonesia

Partaibulanbintang.com, Jakarta – Masa atau Era Informasi masuk ke Indonesia sebenarnya bisa dikategorisasikan melalui proses prematur, terlebih kesiapan masyarakatnya untuk menjalaninya.

Kita tahu bersama, Era Pertanian yg dimulai pada tahun 1970 an, dimana belum sampai swasembada pangan nasional tercapai sudah dimasuki Era Industri pada tahun 1985 an dengan munculnya banyak pabrik dan industri yang memanfaatkan tanah-tanah pertanian untuk lahan industri atau pabrik.

Belum selesai Era Industri, Indonesia dipaksa untuk masuk dalam Era Informasi pada awal tahun 1997 ditandai dengan masuknya HP ke Indonesia dan maraknya pembangunan BTS-BTS utk menyangga keberlangsungan komunikasi lewat HP ini.

Salah satu ciri Era Informasi adalah masyarakat dapat memperoleh informasi yg dibutuhkan dalam waktu yg cepat dan cara yg mudah. Banyaknya peristiwa/kejadian yg terjadi di dunia dengan dibarengi pertumbuhan infrastruktur TI dan Komunikasi serta tumbuhnya media sosial yg sangat fantastis, seperti : Facebook, Twitter, Whatapp dan lain-lain menambah kekayaan informasi seseorg setiap harinya.

Orang dewasa ini, begitu bangun tidur yg pertamakali di cari adalah HPnya, bukan anaknya atau istri/suaminya. Hal ini memperlihatkan bagaimana ketergantungan orang terhadap apa yg nama HP sangat kuat. Informasi yang ada didalam HP-lah yg mendorong orang berbuat seperti itu. Orang dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi, sekarang ini dijejali banyak sekali data dan informasi,dimana setiap detik orang harus mampu menerjemahkan dan memutuskan apa yg harus dikatakan, diucapkan dan dilakukan dari setiap data dan informasi yang diterimanya.

Sekian banyak data dan informasi yang harus diolah oleh setiap orang yang datang melalui HPnya membuat orang harus memiliki WISDOM untuk dapat memutuskan apa yang harus dikatakan, diucapkan dan dilakukan. Agar keputusan itu tidak merugikan dirinya ataupun orang lain.

Dibutuhkan pengetahuan dan kedewasaan untuk menjadi WISDOM dalam membuat keputusan. Apakah masyarakat Indonesia sudah siap menghadapi Era Wisdom?, melihat banyaknya kejadian-kejadian yg diakibatkan oleh maraknya masalah di media sosial dewasa ini.

 

 

Salam Jaya PBB
Harjono Padmono Putro, ST, M.Kom
Ketua DPP Bidang Informasi & Komunikasi

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply